Berita Gapura Urutsewu Ikut Festival Gapura Cinta Negeri



Posted on: 02 Aug 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Sekretariat Negara menggelar Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Festival ini bertujuan menumbuhkan kembali semangat persatuan dan menumbuhkan sikap nasionalisme masyarakat. Banyak peserta yang mengikuti festival ini dan berharap agar bisa membawa pulang hadiah dari Presiden RI, Joko Widodo.

Dukuh Gilingan Lor; Desa Urutsewu; Kecamatan Ampel juga berharap bisa membawa pulang hadiah lomba. Untuk itu, pada Jumat (2/8/2019) warga sekitar berbondong-bondong berkerja bakti untuk menghias gapura di wilayah setempat. Dijelaskan salah satu tokoh masyarakat, Sriyanta bahwa tradisi pembuatan gapura ini dibangun dari nol mulai dari penebangan bambu, penganyaman, hingga pemasangan.

“Kebetulan setiap tahun tradisi kita membuat gapura. Tema yang diambil tahun ini yakni ketahanan pangan, karena kita ingin tampil beda,” ungkapnya.

Gapura berwarna coklat ini telah menempuh setengah dari pembangunannya dengan mengandalkan bantuan sukarela dari masyarakat. Terhitung pembuatan gapura ini sudah menelan biaya sekitar Rp 3 juta, dan diperkirakan akan selesai tiga hari lagi.

“Sampai sekarang sudah setengah bulan pengerjaan. Target kita tiga hari lagi sudah jadi,” pungkasnya.

Kontes Festival Gapura Cinta Negeri ini digelar mulai 17 Juli sampai 17 Agustus 2019. Masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs www.gapuracintanegeri.com. Para peserta hanya diminta mengirimkan foto minimal 10 foto dan mengunggahnya di situs tersebut.

Festival ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori kelompok umum masyarakat luas dan kategori khusus, seperti instansi/perusahaan/perguruan tinggi dan lembaga. Selanjutnya, akan dipilih 10 pemenang dari Kategori Umum dan 3 pemenang gapura dari Kategori Instansi/Lembaga/Perusahaan/Organisasi. Para pemenang akan menerima hadiah uang tunai dan piala bergilir yang akan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo. (dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell