Berita Tiga Pasar Baru Diresmikan dan Siap Ditempati



Posted on: 28 Jun 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Pawai boyongan pedagang Pasar Pengging, Pasar Ngancar dan Pasar Batangan pada Kamis (27/6) menandai peresmian penggunaan tiga pasar tersebut. Pawai boyongan yang menampilkan kesenian, serta mengarak gunungan aneka makanan dan dagangan pasar dari Pasar Pengging lama yang berada di Desa Dukuh; Kecamatan Banyudono menuju daerah Pipo yang berjarak lebih kurang 1 kilometer. Selain Pasar Pengging Baru, pasar Ngancar juga berada di wilayah Desa/Kecamatan Banyudono, sementara Pasar Batangan di Kecamatan Simo.

Peresmian Pasar Pengging Baru yang menempati lahan seluas 2,5 hektare ini telah siap ditempati para pedagang dan diresmikan Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat. Dimulai dibangun 2018, Pasar Pengging Baru menelan anggaran mencapai lebih dari Rp 20 miliar dari sumber APBD Kabupaten Boyolali.

“[Pembangunan] Pasar Pengging dilaksanakan selama dua tahun anggaran dari 2018 dan 2019 selama tiga tahap sebesar Rp 20.731.798.687. Untuk bangunan sudah terbangun 63 unit toko, 146 unit kios, bangunan los ada empat blok dan dapat menampung 1.272 pedagang seluruh pedagang baik kios, los maupun toko masuk semua,” terang Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Boyolali, Karsino di sela peresmian.

Sebagai informasi pembangunan Pasar Ngancar menelan biaya Rp 3.080.465.746 tahap kedua 551.880.000. sementara pasar Ngancar terdiri dari 26 unit kios, 56 unit los meja, dan 56 unit los tanpa meja, serta los tempel sebanyak 39 unit. Sementara Pasar Batangan menelan biaya Rp 2 miliar 970 juta 645 ribu. Disampaikan Karsino bahwa seluruh pedagang di tiga pasar tertampung semua dengan fasilitas dan sarana dan prasarana  pendukung.

Pada kesempatan tersebut, Karsino meminta para pedagang untuk terlibat menjaga kebersihan dan merawat Pasar Pengging. Pihaknya meminta pedagang menjadikan pasar seolah-olah seperti halnya rumah sendiri.

“Saya titip dengan para pedagang di tiga pasar Yang rukun dan kompak. Jika ada masalah dibahas dengan baik. Selanjutnya sudah dibangun pasar baru ini dijaga kebersihan lingkungannya. Jadi saya titip jaga dan rawat pasar ini dengan sebak-baiknya,” imbuh Karsino.

Sementara Wabup Said yang meresmikan berkesempatan meninjau pasar dengan berkeliling di dalam pasar. Disampaikan bahwa pembangunan pasar ini merupakan komitmen Pemkab Boyolali dalam mewujudkan pasar tradisional yang bersih dan nyaman bagi pembeli dan pedagang

“Harapan kita ke depan ketika pasar di Kabupaten Boyolali terbangun dengan baik, dibangun dengan representatif, pasar yang bersih. Harapan kita semangat para pedagang untuk terus menerus berdagang meneruskan perekonomiannya dilakukan dengan kenyamanan,” ujarnya.

Selain itu Wabup berharap pedagang untuk selalu terjaga dalam kerukunan dan kekompakan.

“Jaga kerukunan, rekatkan silaturahmi, bersaing dengan sehat. Selamat menempati, semoga rejeki pedagang melimpah bagi pedagang di Boyolali,” tandas Said. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali).

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell