Berita 115 Seniman Ikuti Pameran Srawung Seni di Boyolali



Posted on: 27 Jun 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Sebanyak 130 karya seni berupa lukisan dan patung hasil karya 115 seniman dari berbagai daerah dipamerkan di Boyolali. Bertempat di Balai Sidang Mahesa Boyolali selama empat hari dari Rabu (26/6) malam hingga Sabtu (29/6) ini, para seniman mengikuti pameran Seni Rupa dengan tajuk Srawung Seni. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi para seniman Boyolali yang tergabung dalam komunitas Sapu Gerang bekerjasama dengan Dewan Kesenian Boyolali dalam proses pembangunan di Boyolali.

“Melihat percepatan perkembangan Boyolali ini kami para seniman Boyolali mencoba mengambil bagian dalam memajukannya salah satunya dengan mengadakan pameran ini,” terang Ketua Panitia, J. Hasanto dalam pembukaan pameran.

Selain itu dengan pameran ini diharapkan sebagai sarana mempererat hubungan antar seniman. Hal ini disampaikan mengingat peserta pameran tidak hanya berasal dari Boyolali namun juga wilayah Soloraya bahkan kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Magelang hingga Jakarta.

“Terima kasih kepada para peserta yang bersedia berpartisipasi. Kami berharap pameran ini bisa menjadi ajang sarana mempererat silaturahmi antar sedulur seniman. Bisa menjadi ajang reuni bahkan perkenalan antar sedulur seniman yang belum saling kenal. Dengan pameran ini paseduluran antar komunitas dan kota semakin guyub dan rukun,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat yang secara seremonial membuka pameran sangat mengapresiasi kegiatan pameran yang mampu mengumpulkan para perupa dari berbagai daerah ini.

“Hari ini para seniman berkumpul untuk memamerkan karyanya, maka kami sangat mengapresiasi atas satu gerakan yang melahirkan karya-karya indah,” terang Said.

Agenda semacam ini menurut Said mampu sebagai pengobat rindu atas jiwa seninya. Sehingga malam tersebut mampu menghidupkan suasana dengan hadirmya para seniman yang dimaknai sebagai sekelompok orang-orang merdeka yang bebas berimajinasi dan mengekspresikan karyanya.

Selanjutnya Wabup Said berkenan menyaksikan satu demi satu karya yang dipajang di dalam ruang pamer. Ia berpesan agar seniman untuk terus berkarya dan mampu menularkan ilmunya kepada orang lain terlebih generasi muda.

“Teruslah berkarya. Alirkanlah dan ajarkanlah, sehingga seni tidak hanya ada pada diri kita dan biarkan seni ini terus mengalir. Sehingga generasi berikut adalah generasi yang penting untuk melanjutkan, meneruskan dan menuangkan mampu berkarya seperti karya para seniman yang berkumpul pada malam hari ini,” tandasnya. (mjk/hri)

Berita

Pengumuman

Link SKPD