Berita 240 Kades Kosong di Tahun ini, 229 Desa Gelar Pilkades Akhir Juni



Posted on: 04 Apr 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Boyolali bagi Desa yang masa jabatan Kadesnya habis dipastikan bakal dilaksanakan 29 Juni mendatang. Meskipun hingga akhir 2019 ini ada 240 jabatan kades yang habis, namun pelaksanaan Pilkades serentak ini hanya diikuti 229 desa saja. Sebab ada 11 desa yang jabatan kadesnya berakhir pada bulan Desember.

“Menurut aturan, pemajuan Pilkades tidak boleh lebih dari enam bulan,” kata Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Boyolali, Candra Irawan, kemarin (3/4) di kantornya.

Dari 229 Desa tersebut, menurut Candra yang menggelar Pilkades tahun ini sebagian besar masa jabatannya sudah habis pada 18 April nanti. Sedangkan sisanya, baru habis pada bulan September mendatang.

“Kalau masa jabatannya September maka Pilkadesnya dimajukan. Karena tidak lebih dari 6 bulan,” imbuhnya.

Candra menambahkan, Pilkades serentak ini sangat banyak dan menyeluruh di 22 kecamatan menggunakan dua cara, yakni e-voting dan manual seperti biasa.

Terdapat 62 desa yang tersebar di 22 kecamatan yang menggunakan system e-voting. Karena selain belum tercukupinya kebutuhan peralatan elektronik untuk e-voting juga ketersediaan sumber daya manusia (SDM) pelaksanaan e-voting ini belum mencukupi.

“Sisanya masih menggunakan cara manual. Desanya mana saja belum kami tentukan,” ujarnya.

Pihaknya menyatakan, pelaksanaan Pilkades secara elektronik di Boyolali dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Jika pada pelaksanaan Pilkades serentak kali pertama di tahun 2016 lalu, hanya ada 15 desa yang menggunakannya. Sedangkan tahun berikutnya hanya ada lima desa. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD