Berita Kusir Dokar Berharap Digandeng Untuk  Majukan Wisata Boyolali



Posted on: 26 Dec 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Pembangunan di Kabupaten Boyolali saat ini dengan berbagai ikon baru diyakini meningkatkan kegiatan pariwisata di Kota Susu. Harapan tersebut disampaikan beberapa kusir dokar atau delman yang terbiasa mangkal di kawasan Pasar Sunggingan. Salah satunya Darsono yang merasakan daerah di bawah kepemimpinan Bupati Seno Samodro ini sudah membangun objek-objek yang menarik perhatian masyarakat dapat menjadi harapan bagi kusir delman. Bersama dengan rekan seprofesinya, Ia terus membuka diri untuk berkolaborasi untuk memajukan pariwisata di Boyolali.

“Ada lembu suro, ada tiga menara, dan lain sebagainya. Semoga dengan semakin ramainya Boyolali, kita (para penarik delman) juga mendapatkan keberuntungan,” terang Darsono.

Dia memilih bertahan sebagai pemilik sekaligus kusir delman untuk aktifitas keseharian. Laki-laki berusia lebih dari 60 tahun bingung kerja apa jika meninggalkan profesinya sebagai kusir.

Seperti diketahui delman merupakan moda transportasi yang pernah populer dan banyak diminati masyarakat saat itu. Namun kini kian tergerus seiring berkembangnya waktu dan tergantikan transportasi modern. Meski begitu, di Boyolali transportasi andalan sebelum adanya mesin itu masih tetap bertahan disituasi yang sangat sulit.

Sementara Sutimin (63) yang juga memiliki delman ini sudah beberapa tahun terakhir ini merasakan kesulitan mencari penumpang dokar. Banyaknya angkutan dan kendaraan pribadi membikin masyarakat enggan naik angkuta tradisional ini.

“Penumpang masih ada satu dua yang mau menumpang. Tapi jumlahnya sangat sedikit,” ujar warga Dukuh Karanggondang, Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali ini.

Dalam sehari, lanjutnya, untuk mencari penghasilan kotor sebesar Rp 50 ribu dirasa sangat sulit. Untuk saat ini, penghasilan dari dokar hanya bisa menutup untuk pembelian pakan saja.

“Belum kalau pas ganti ketapel (sepatu kuda) secara berkala kami harus pandai-pandai menyisihkan uang,” ujarnya.

Dia menyebut, jumlah pemilik delman di Boyolali khususnya di kawasan Pasar Sunggingan sudah menurun drastis. Saat ini saja, jumlahnya hanya berkisar 50 unit saja. Jumlah itu sangat jauh dibandingkan kondisi belasan tahun lalu. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız