Berita PENGISIAN BPD TUNGGU REKOMENDASI GUBERNUR



Posted on: 10 Oct 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Tak lama lagi pengisian Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serentak dilakukan. pengisian BPD di 261 Desa se Boyolali ini tinggal menunggu rekomendasi gubernur saja.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (Dispermasdes) melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa, Waluyo Jati, mengatakan regulasi mengenai pengisian BPD ini sudah selesai semua. Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2018 tentang BPD telah rampung.

“ Tinggal menunggu Perbupnya saja. Saya yakin dalam minggu-minggu ini rekomendasi dari gubernur sudah keluar,” kata Waluyo. Begitu rekomendasi dari Gubernur diterima, pihaknya bakal langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan Desa.

Ada perbedaan yang cukup mencolok dalam formasi BPD ini. Dimana jumlah BPD  maksimal 9 orang saja. Jumlah itu lebih sedikit dari BPD saat ini yang mencapai 13 orang. Selain itu, harus ada anggota paling tidak satu orang perempuan untuk keterwakilan perempuan.

Hal itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 110 tahun 2016. “ Paling sedikit lima orang BPD. Dan setiap desa berbeda-beda jumlahnya. Tergantung skor,” ujarnya.

Penghitungan skor desa untuk menentukan jumlah BPD itu ada dua indicator. Yakni jumlah penduduk dan kemampuan kuangan desa. Misalnya desa dengan jumlah penduduk kurang dari 2 ribu jiwa memperoleh skor 1. Kemudian, jika Anggaran Pendapatan dan Belanja desa (APBDes) kurang dari Rp 1,2 Miliar juga mendapat skor 1.

“ Semakin tinggi skornya, semakin banyak jumlah BPDnya. Dan sekali lagi harus ada satu perempuannya,” imbuh Waluyo.

Sedangkan untuk mekanisme pengisian BPD ini lanjut Waluyo ada dua cara. Anggota BPD bisa dipilih langsung oleh masyarakat desa dan bisa juga melalui perwakilan. “ Tergantung pada saat musyawarah desa. karena sebelum tahapan pengisian ini, desa harus musyawarah terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sementara itu, Bibit Srikamto, anggota BPD Desa Canden, Kecamatan Sambi menyambut baik pengisian BPD yang bakal digelar dalam waktu dekat. Hal itu untuk penyegaran dalam mengawal pemerintah desa (Pemdes).

“ Jangan sampai terjadi kekosongan terlalu lama. Sehingg fungsi BPD dapat berjalan terus,” pungkasnya. (*)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell