Berita Paguyuban Kudho Prakoso Angkat Budaya Melalui Pertunjukan Reog



Posted on: 23 Sep 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Khazanah seni dan budaya di Kabupaten Boyolali tidak pernah ada habisnya. Hampir setiap daerah memiliki jenis atraksi dan kesenian yang sudah mengakar sehingga menjadi tradisi dan kekayaan bangsa. Salah satunya di daerah yang berada di sisi selatan pusat pemerintahan Pemerintah Kabupaten Boyolali yakni kampung Wonorejo; Kelurahan Kemiri; Kecamatan Mojosongo ini sebagai contohnya. Pada Sabtu (22/9) para pegiat seni di daerah tersebut yang tergabung dalam Paguyuban Seni Reog Kudho Prakoso menggelar salah satu kegiatan seni dan budayanya yakni seni reog. Bertempat di halaman salah satu warga setempat, seni reog dimulai sejak sore hari yang sarat dengan penonton.

Selain memberikan hiburan kepada masyarakat, acara ini dimaksudkan untuk mengangkat budaya lokal agar tidak tergerus oleh jaman dan budaya asing. Hal tersebut disampaikan ketua paguyuban, Suyadi di sela acara pentas.

“Acara ini untuk memberikan hiburan kepada warga masyarakat sekaligus melestarikan budaya agar tidak terkikis oleh budaya asing,” tegasnya.

Seni yang dilakukan kelompoknya, menurut Suyadi juga dimaksudkan untuk mendukung kegiatan pariwisata di Kota Susu. Paguyuban tersebut merupakan salah satu jenis seni yang tergabung dalam kelompok bernama Sanggar Seni Sekar Kemuning.

“Akan dikukuhkan sanggar Seni Sekar Kemuning nanti akan ada sub didalamnya. Ada kethoprak, wayang orang, campursari dan reog yang dipentaskan sore hingga malam nanti,” imbuh Suyadi.

Melalui berbagai kegiatan seni budaya ini ke depan diharapkan mampu mempererat tali persatuan dan kesatuan. Sementara pada malam harinya juga masih disuguhkan pertunjukan reog yang diselingi hiburan pertunjukan musik dangdut dan campursari. (bas)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell