Berita 338 Caleg DPRD Kabupaten Boyolali Siap Bertarung di Pemilu 2019



Posted on: 20 Sep 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Tahun 2019, pemerintah akan mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif. Sejumlah tahapan Pemilu tahun 2019 sudah dilalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali dalam mempersiapkan gelaran pemilihan pada tanggal 17 April 2019 ini.

Seperti yang terlihat di ruang pertemuan Pondok Indah Hotel; Boyolali, pada Kamis (20/9), KPU Kabupaten Boyolali menggelar rapat dalam rangka Penetapan dan Penyampaian Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Boyolali pada Pemilu Tahun 2019.

Diterangkan Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Siswadi Sapto Harjono bahwa sesuai tahapan, hari ini merupakan penetapan DCT seluruh Indonesia. Dimana DCT ini akan bertarung dalam Pemilu 2019 untuk mewakili rakyat dalam menyampaikan aspirasi.

“Selanjutnya DCT ini akan diumumkan selama tiga hari tanggal 21, 22 dan 23 September melalui media cetak yang sudah ditunjuk. Selain itu juga melalui media sosial serta di papan pengumuman KPU. Juga akan disampaikan kepada instansi terkait,” ungkap Siswadi.

Secara rinci, daftar DCT anggota DPRD Kabupaten Boyolali disampaikan oleh Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Boyolali, Pardiman yang menerangkan para DCT yang lolos dan siap dipilih oleh masyarakat.

“Jumlah calon dalam DCT Kabupaten Boyolali ada 338 orang, dengan jenis kelamin laki laki ada 202 orang dan perempuan 136 orang, presentase keterwakilan perempuan 37 persen,” jelasnya.

Berdasar data yang ada, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki DCT sebanyak 45 orang caleg dengan laki-lakisejumah 28 orang dan 17 orang perempuan. Kemudian Partai Golkar dengan DCT 45 orang caleg dengan rincian laki-laki sejumlah 28 orang dan perempuan 17 orang. Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki DCT 44 orang caleg dengan laki laki 27 orang dan perempuan 17 orang. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) memiliki DCT 5 orang caleg dengan laki laki 3 orang dan 2 orangperempuan.

Selanjutnya ada Partai Bulan Bintang (PBB) yang memiliki DCT 2 orang caleg dengan laki laki 1 orang dan perempuan 1 orang. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki DCT 37 orang caleg dengan laki laki 24 orang dan perempuan 13 orang. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memiliki DCT 27 orang caleg dengan laki laki 15 orang dan perempuan 12 orang. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memiliki DCT 23 orang caleg dengan laki laki 13 orang dan perempuan 10 orang. Partai Berkarya memiliki DCT 13 orang caleg dengan laki laki 6 orang dan perempuan 7 orang.

Selanjutnya Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memiliki DCT 13 orang caleg dengan laki laki 7 orang dan perempuan 6 orang. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memiliki DCT 14 orang caleg dengan laki laki 7 orang dan perempuan 7 orang. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan 3 orang caleg dengan laki laki 2 orang dan perempuan 1 orang. Partai Demokrat memiliki DCT 44 orang caleg dengan laki laki 27 orang dan perempuan 17 orang. Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki DCT 23 orang caleg dengan laki laki 14 orang dan perempuan 9 orang. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD