Berita Catatan Perjalanan Duta Seni Boyolali 2018 ke Negara Skandinavia : (23) Tarian Gotong Royong Gambaran Kehidupan Masyarakat Boyolali



Posted on: 04 Aug 2018 Oleh Web Admin

KOPENHAGEN – Jenis tarian yang dibawakan tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali 2018 ini selalu mempunyai makna yang berkaitan dengan Boyolali. Beberapa kali pentas dalam kunjungan di negara Skandinavia yakni Swedia, Norwegia dan Denmark juga menampilkan tari Gotong Royong. Tarian yang dibawakan dua pasang pelajar putra-putri ini sering dibawakan Satria Reza Umam, Aldo Nugroho, Tri Purwaningsih dan Nabilla Eka Dyas Putri.

Gotong Royong merupakan suatu bentuk kerjasama yang saling bantu membantu. Gotong Royong itu sendiri merupakan tradisi yang ada di Indonesia umumnya dan terutama Boyolali. Tari Gotong Royong ini dibawakan sepasang penari putra dan putri yang menggambarkan kesuburan kota Boyolali.

Gerakan menari dilakukan dengan ekspresi riang gembira penuh semangat bergotong royong dengan sesama mewujudkan kota Boyolali menjadi kota makmur dan berbudaya.

Salah satu penari, Tri Purwaningsih dengan gerakan luwesnya membawakan tarian di hadapan masyarakat mancanegara ini. Anak bungsu pasangan Roko dan Munari asal Desa Cerme; Kecamatan Juwangi ini menyatakan bahwa tradisi gotong rotong perlu dipertahankan karena memperlihatkan kebersamaan dan persatuan.

"Gotong royong di desa masih ada dan kental. Semangat ini perlu ditularkan," terang pelajar SMKN 1 Juwangi jurusan Desain dan Permodelan Informasi Bangunan ini disela kunjungannya disela kunjungan di kawasan patung The Little Mermaid; Kopenhagen pada Jumat (3/8).

Pelajar yang bercita-cita ingin kuliah sambil bekerja ini pada awalnya tidak menyangka bisa lolos Duta Seni. Karena Ia merasa ada yang lebih baik menari dibandingnya.

"Awalnya tidak percaya bisa masuk Duta Seni. Ada guru saya datang ke rumah dan bilang saya lolos," imbuh Tri.

Namun selanjutnya Tri semakin menekuni seni tari. Ia juga yakin terpilih bukan hanya karena alasan bisa menari namun juga ada aspek hal lainnya. Untuk itu Ia berharap bisa mengembangkan seni tari di sekolahnya. (mjk)

Berita

Pengumuman

Link SKPD