Berita Catatan Perjalanan Duta Seni Boyolali 2018 ke Negara Skandinavia : (8) Perkenalkan Tradisi Mantenan Melalui Tari Bedhaya Manten



Posted on: 29 Jul 2018 Oleh Web Admin

STOCKHOLM – Dari enam tarian utama dipersiapkan untuk Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali dalam perjalan misi di tiga negara Skandinavia yakni Swedia, Norwegia dan Denmark, tari Bedhaya Manten merupakan tarian unik. Yakni menggambarkan prosesi tradisi pernikahan adat Jawa yang digelar di Boyolali. Tarian tersebut dibawakan empat penari yakni Chandra Livia Vera Vania, Aphrodhita Zahra Aninda, Latifah Krisma Indriana dan Lavenia Febrianti. Sementara dua orang sebagai tokoh pengantin yakni Rifqi Nur Adli dan Kalista Dewi Hapsari.

Tarian yang berkisah tentang anak gadis menginjak dewasa yang siap menikah. Penari Bedhaya Srimpi berjumlah empat orang yang melambangkan empat arah mata angin. Sebagai simbol bahwa anak gadis yang sudah cukup ilmu dan mampu menghadapi rintangan dari segala penjuru. Digambarkan dalam visual gerakan saling melempar sirih antar mempelai dan membasuh kaki pengantin lelaki oleh sang pengantin perempuan. Prosesi tradisi pengantin ini masih berjalan dan dilestarikan hingga saat ini di wilayah Boyolali dan sekitarnya.

Tari Bedhaya Manten merupakan tari kedua yang disuguhkan oleh Duta Seni Boyolali. Tarian ini telah dua kali dipentas dalam agenda Festival Indonesia bertema Kampung Indonesia di Kungstardgarden; Kota Stockholm pada Jumat-Sabtu (27-28/7).

Setelah dua kali membawakan tari Bedhaya Manten, Lavenia Febrianti sebagai salah satu penari merasa tidak yakin telah menari di negara orang.

“Bisa menampilkan tradisi manten di hadapan orang sini. Ada perasaan bangga dan nggak nyangka bisa,” jelas siswi SMAN 1 Boyolali yang beralamat di Desa Kebongulo, Kecamatan Musuk ini disela jeda acara pada Sabtu (28/7)

Sepulang lawatan di tiga negara Eropa ini membuat anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Teguh Raharjo dan Sunarni ini akan membagi ilmunya dengan orang lain.  

“Setelah pulang saya mau berbagi ilmu yang didapat disini,” tandasnya singkat. (mjk)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell