Berita Merapi Kembali Erupsi Dan Sempat Buat Panik Warga



Posted on: 01 Jun 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Secara tiba-tiba Gunung Merapi kembali erupsi pada Jumat (1/6) pagi setelah dalam sepekan terakhir tidak ada aktivitas peningkatan. Menurut rilis dari laman Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) bahwa erupsi terjadi pada pukul 8.20 WIB setinggi 6000 meter dalam durasi dua menit. Suasana pagi menjadikan visual gunung dapat dilihat jelas hingga di Kompleks perkantoran Pemkab Boyolali di wilayah Kemiri.

Berdasar pantauan abu vulkanik Merapi setelah terkena hembusan angin membuat material bergerak ke arah utara dan timur laut. Warga wilayah kecamatan Selo langsung berhamburan keluar rumah. Seperti halnya warga Tlogolele dan Jrakah. Adanya aktivitas mendadak tersebut jumlah warga terlihat sudah berkumpul di area terbuka dan menunggu evakuasi. Bahkan untuk warga Dukuh Stabelan dan Takeran diinformasikan telah mengungsi di Tempat Penampungan Pengungsi Sementara (TPPS) di Desa Tlogoglele. Sementara sejumlah warga Jrakah juga sudah bersiap untuk mengungsi.

"Warga sini [Dukuh Jurang Jero; Jrakah] tadi panik mas karena arah abu mengarah kesini dan sudah berkumpul untuk bersiap mengungsi jika diperlukan," terang salah satu warga setempat, Kani Nur Rohman.

Meski panik, warga di sekitar Pos Pemantauan Gunung Api di Jrakah hanya berkumpul dan memantau perkembangan gunung Merapi. Bahkan di wilayahnya juga kedatangan sejumlah warga dari dukuh di desa lain.

"Tadi warga Bangunsari [Desa Klakah] sudah lari semua kesini dan Jrakah," imbuh Kani.

Bahkan menurut Kani disampaikan bahwa Dukuh Bangunsari harus melewati jalan setapak mengingat tidak ada akses jembatan untuk melintas. Hingga saat ini belum ada jembatan permanen seperti jembatan gantung di Dukuh Sepi dan Kajor yang juga dilergunakan untuk akses evakuasi erupsi Gunung Merapi.

"Dulu ada jembatan bambu dibuat beberapa kali terkena lahar dingin dan hanyut. Kemudian yang terakhir setelah diperbaiki terkena longsor," jelasnya.

Sebagai informasi meski terjadi erupsi, status Merapi dalam status Waspada. Usai abu vulkanik turun dan visual Merapi terlihat, masyarakat sekitar sudah tenang dan kembali beraktivitas seperti semula. (Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız