Berita Desa Gombang Lestarikan Ronda Thek-thek, Seni Sederhana Namun Menyenangkan



Posted on: 18 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Musik merupakam suatu hal yang universal dan bisa dikemas dalam bentuk apa saja. Termasuk seni musik tradisional yang memiliki penggemarnya sendiri. Namun jangan salah, seni musik tradisional selalu menjadi daya tarik karena memiliki nilai luhur. Seperti seni musik Ronda Thek-thek, yang merupakan seni musik sederhana namun menyenangkan.

Nilai luhur dari seni musik Ronda Thek-thek yaitu menghibur dan menjaga kekompakan, kebersamaan, serta menghormati kesederhanaan. Meski begitu, tidak banyak yang mampu menjaga kelestarian seni tradisional satu ini. Salah satu yang mampu melestarikannya adalah Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Melalui seni Ronda Thek-thek inilah, Desa Gombang memantapkan langkah menuju Desa Wisata Kesenian. Menurut Kepala Desa Gombang, Ahmadi Wahyu Wibowo, untuk melestarikan gaung Ronda Thek-thek, terbentuk tiga grup ronda thek-thek yang aktif sampai saat ini.

"Grup Monek, Gampring dan Sami Remen. Jumlah anggotanya bervariasi, ada yang 15 orang, 10 orang dan delapan orang. Seluruh anggota merupakan warga yang sering melakukan ronda di Poskamling. Karena pada dasarnya seni ini kan terinspirasi dari ketukan Kenthongan yang lazim dibawa saat ronda," tuturnya, Selasa (17/4).

Grup ronda thek-thek Desa Gombang sudah sering unjuk kebolehannya baik di festival, lomba-lomba, hingga mengisi acara formal maupun non formal baik sampai luar daerah. 

"Harapannya seni thek-thek di Desa Gombang selain untuk melestarikan budaya juga mampu mewujudkan Desa Wisata dan Kebudayaan Madani Gombang (Dewi Kembang). Karena seni ronda ini melibatkan seluruh unsur masyarakat," urai Ahmadi.

Seperti diketahui, seni musik thek-thek berkembang dari waktu-kewaktu karena adanya modernisasi penggunaan alat musik maupun bentuk penyajian. Pada awalnya, musik thek-thek hanya diwujudkan dari Kentongan bambu yang digunakan sebagai sarana ronda malam. Namun saat ini, Ronda Thek-thek mulai bisa dikolaborasikan menggunakan alat musik lain. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD