Berita Seluruh Siswa SMA Di Boyolali Ikuti UNBK



Posted on: 09 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Setelah pelaksanaan ujian nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang digelar pekan lalu, kini giliran untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebanyak 28 SMA di Boyolali mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Senin (9/4). Hal tersebut dipastikan seluruh SMA di Boyolali sudah tidak menggunakan ujian berbasis kertas dan pensil.

“Ada 28 SMA negeri dan swasta di Boyolali semuanya sudah komputer. Baik negeri maupun swasta sudah berbasis komputer,” Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Boyolali, Suyanta di ruang kerjanya.

Pria yang juga Kepala SMAN 2 Boyolali ini mengungkapkan jumlah peserta UNBK SMA di Boyolali sebanyak 3.944 yang terinci dalam jurusan IPA sebanyak 1953 dan untuk jurusan IPS sejumlah 1959 serta 32 siswa jurusan Bahasa.

Untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK ini, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan fasilitas pendukung. Penyediaan server utama dan server cadangan setiap ruang ujian sehingga tidak ada kendala disamping pula penyediaan genset untuk antisipasi adanya gangguan aliran listrik. Tidak kalah penting adalah pengamanan komputer sebagai perangkat utama ujian.

“Setiap sekolah diminta untuk sewa genset untuk antisipasi listrik padam. Kemudian penyediaan jaringan internet dengan Telkom sudah komunikasi untuk menjaga stabilitas internet,” imbuhnya.

Untuk pelaksanaan UNBK digelar selama tiga sesi setiap hari. Sebanyak empat mata pelajaran (mapel) dengan tiga mata pelajaran wajib dan satu mata pelajaran pilihan. Untuk mapel wajib terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Kemudian untuk mapel pilihan jurusan IPA yakni Biologi, Kimia dan Fisika. Kemudian untuk jurusan IPS  berupa Ekonomi, Sosiologi dan Geografi. Selanjutnya untuk jurusan Bahasa dengan mapel pilihan Satra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.

Sementara untuk pelaksanaan UNBK di SMAN 2 Boyolali masih menurut Suyanta terbagi dalam tiga ruangan yang diikuti 282 peserta. Bagi anak didiknya, pihaknya memberikan berbagai persiapan diantaranya pemantapan materi, menjaga psikologi siswa, dan pemberian motivasi serta koordinasi dengan orang tua murid.

“Jumlah peserta UNBK SMA 2 Boyolali sebanyak 282 yang terdiri dari jurusan IPA sebanyak 173 siswa dan jurusan IPS sebanyak 109,” tandas Suyanta. (mjk/dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell