Berita Tim Segoro Muncar Wonosegoro Sabet Penampil Terbaik Festival FK Metra Boyolali



Posted on: 05 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Memasuki hari kedua pelaksanaan Festival Pertunjukan Rakyat Kabupaten Boyolali, sepuluh tim berusaha tampil dengan maksimal. Gelaran bersama atas kerjasama Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali ini disambut antusias peserta dan penonton yang menyaksikan.

Sepuluh tim semenjak pagi telah bersiap di Joglo Merapi I Desa Lencoh; Kecamatan Selo, pada Rabu (4/4). Mereka berjuang untuk menarik perhatian dewan juri yang berasal dari FK Metra Provinsi Jawa Tengah, Daniel Hakiki dan dewan juri yang berasal dari FK Metra Kabupaten Boyolali antara lain Ki Jungkung Darmoyo dan Yosef Kustono; serta dewan juri dari Dewan Kesenian Kabupaten Boyolali yakni Siwil Mulyadi dan Aslar Sugambir.

Seperti yang disampaikan salah satu dewan juri, Daniel yang menyampaikan gelaran festival ini cukup berbeda dengan festival kebanyakan secara umum. Karena festival ini merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga dan melestarikan senibudaya yang ada di Kabupaten Boyolali.

“Karena festival ini merupakan pemanfaatkan media tradisional sebagai media diseminasi informasi, jadi tentu saja ulasan materi mengenai program pemerintah yang disampaikan menjadi bobot tersendiri untuk dewan juri,” terang Daniel.

Sejak Selasa (3/4) kemarin, tujuh tim peserta festival sudah menunjukan seni budaya daerah masing – masing yang dilanjutkan dengan sepuluh tim peserta di hari kedua ini. Setiap tim wajib memilih tema yang akan diangkat dalam sajian mereka, antara lain Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai, serta tema Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Setelah melewati beberapa penilaian dewan juri, maka terpilihlah tim Kecamatan Wonosegoro bernama Segoro Muncar sebagai penyaji terbaik I. Kemudian disusul tim dari Kecamatan Sawit sebagai penyaji terbaik II, dan tim penyaji terbaik III diraih tim Kecamatan Klego. Selanjutnya penyaji harapan I terpilih tim Kecamatan Selo, dan harapan II disematkan kepada tim Kecamatan Banyudono.

Penyerahan piala untuk para tim penyaji terbaik diberikan secara langsung oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Abdul Rahman. Dalam sambutan singkatnya, dia menyampaikan selamat untuk penampil terbaik yang nantinya akan mewakili Kabupaten Boyolali berjuang kembali di FK Metra Kasidenan Surakarta.

“Mari kita bangkitkan lagi ekspresi dan semangat seni budaya di Kabupaten Boyolali,” pesan Abdul.

Tim penyaji dari Kecamatan Wonosegoro yang diwakili oleh Tim Segoro Muncar mengaku senang bisa meraih penyaji terbaik. Pihaknya mengaku telah siap jika dipercayai untuk mewakili Kabupaten Boyolali pada Festival FK Metra tingkat Karesidenan Surakarta. Festival tersebut akan diikuti kontestan dari Kabupaten/Kota di wilayah eks. Karesidenan Surakarta ditambah Kabupaten Purbalingga dan Banjarnegara yang digelar di Kabupaten Boyolali.

“Senang sekali, dan kita akan terus berlatih untuk mewakili Kabupaten Boyolali besok. Kita yakin kita bisa,” ungkap Hastuti, salah satu anggota Segoro Muncar. (bet/bas)

Berita

Pengumuman

Link SKPD