Berita KPU Boyolali Ajak Ormas Lakukan Demokrasi yang Berkualitas



Posted on: 18 Dec 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali kembali melakukan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pentingnya menggunakan hak pilih serta menolak berbagai hal negatif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 esok. Kali ini, KPU Kabupaten Boyolali menggelar Pendidikan Pemilih di Pendopo Kantor Kelurahan Siswodipuran Boyolali, pada Rabu (18/12/2019).

 

Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Boyolali, Muhammad Abdullah menjelaskan pihaknya akan terus gencar melaksanakan pendidikan pemilih di tengah masyarakat. Terlebih kali ini dia mengambil fokus pada peran media, organisasi wanita, masyarakat dan keagamaan.

 

“Kita mengajak ormas (organisasi masyarakat-red) baik itu ormas agama sampai wanita untuk selalu menyuarakan demokrasi yang berkualitas. Dalam artian demokrasi berkualitas itu adalah untuk menolak tiga hal,” ungkapnya.

 

Tiga hal tersebut yakni hoaks atau berita bohong yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, hal-hal yang mengandung Suku Ras Agama dan Antar golongan (SARA), dan politik uang yakni suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang.

 

“Dan kami berharap ormas ini merupakaan salah satu sayap perpanjang tanganan dari KPU Kabupaten Boyolali. Merupakan sayap-sayap untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas, pemilih yang cerdas,” terangnya.

 

Dijelaskan lebih lanjut, pendidikan pemilih ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan yang sasarannya tidak hanya pada kaum tertentu atau masyarakat yang memiliki hak pilih.

 

“Akan tetapi sebelum memiliki hak pilih. Jadi ini bentuk pembelajaran. Saya kira sudah 84 persen kita menuju pada pemilih yang cerdas,” pungkasnya. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD