Berita MTQ ke-34 Jawa Tengah Dibuka Gubernur Ganjar



Posted on: 18 Nov 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Tengah ke-34 di gelar di Kabupaten Boyolali. Selama tiga hari mulai dari Senin hingga Rabu (18-20/11/2019), lomba membaca Al-Quran ini digelar di Asrama Haji Donohudan; Kecamatan Ngemplak.

Lomba MTQ yang dibuka Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Senin (18/11/2109), diikuti peserta dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah sejumlah 770 peserta. Selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, lomba ini juga mempererat ukhuwah Islam melalui kemasyarakatan Al-Quran pada generasi muda khususnya di Jawa Tengah.

“Mediasi syi’ar dakwah bagi umat Islam di Jawa Tengah khususnya di kalangan pelajar di Jawa Tengah. Serta meningkatkan dan memacu prestasi Jawa Tengah khususnya di bidang tilawah Al-Quran,” ungkap Ketua Panitia, Imam Masyikur.

Cabang yang akan dilombakan yakni cabang musabaqoh. Ada pula Tartil Al-Quran golongan SD/MI putra/putri, golongan SMP/MTs putra/putri, golongan SMA/SMK/MA putra/putri. Cabang tilawal Al-Quran golongan SD/Mi putra/putri, golongan SMP/MTs putra/putri, golongan SMA/SMK/MA putra/putri. Serta cabang cabang tahfidz Al-Quran golongan 1 juz dan tilawah SMP/MTs putra/putri, dan golongan 5 juz dan tilawah SMA/SMK/MA putra/putri.

Gubernur Ganjar menungkapkan melalui kegiatan lomba MTQ ini diharapkan akan memunculkan bibit bibit unggul di bidang agama dari Jawa Tengah yang hebat. Terlebih saat ini di generasi milenial, generasi muda Jawa Tengah dihadapkan pada era teknologi yang serba canggih.

“Tidak hanya mampu membaca Al-Quran secara tekstual, tapi juga paham dan bisa mengimplementasikan secara kontekstual,” ujar Gubernur Ganjar.

Jika hal tersebut bisa diterapkan oleh genrasi muda Jawa Tengah, maka hubungan antara manusia, hubungan antara yang muda dan tua, serta hubungan dengan Sang Pencipta bisa harmonis.

“Maka output-nya tidak hanya mendorong menjadi juara tapi outcome-nya kondusifitas yang kita ciptakan di Jawa Tengah,” jelas Gubernur Ganjar. (dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD