Berita Kenalkan Keanekaragaman Hayati dari Polesan Poster



Posted on: 14 Nov 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Untuk mendekatkan anak-anak ke dunia hayati sekaligus mengenalkan KRIB, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali menggelar lomba poster memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa di Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) pada Kamis (14/11/2019). Diikuti 182 peserta, lomba poster ini akan mengasah bakat terpendam yang dimiliki kalangan anak di samping mengenalkan KRIB. Karena seperti diketahui Kabupaten Boyolali memiliki KRIB yang terdapat berbagai jenis tanaman tanaman yang kini mulai jarang dijumpai di lingkungan sekitar.

“Karena banyak anak-anak yang belum tahu Indrokilo, juga karena Indrokilo merupakan kebun raya yang banyak bermacam macam spesies tanaman, biar anak anak tahu tanaman tanaman apa yang ada disini,” ujar Ketua Panitia, Atik Rahmawati.

Dari 182 peserta, dibagi dalam tiga kategori yakni SD/MI sebanyak 76 peserta, SMP/MTs sejumlah 49 pesera dan SMA/MA sebanyak 57 peserta.

Dengan mengambil tema “Keanekaragaman Hayati” mereka dapat membuat poster sesuai dengan kreativitas masing masing dengan tujuan agar mereka dapat mencintai lingkungan.

“Biar nanti anak anak yang merupakan generasi penerus bangsa, supaya mencintai lingkungan di sekitar karena telah terjadi kebakaran hutan, perusakan lingkungan. Jadi anak anak bisa untuk mencintai dan peduli akan lingkungan yang ada di sekitar,” jelasnya.

Peserta akan memperebutkan hadiah yakni trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Untuk juara I akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 1.250.000. zementara juara II mendapat uang Rp. 1 juta, dan juara III mendapat uang Rp. 750.000.

“Aspek penilaian meliputi tema, harmoni atau tatanan unsur warna garis penempatan, kreatifitas, kemampuan atau daya ungkap baik itu elemen garis atau ide, dan originalitas,” pungkas salah satu juri penilai, Subandiyo.

Untuk tingkat SD/MI Juara I diraih oleh Putri Desvika, Juara II didapat oleh Shafira Aiko dan Juara III disabet oleh Aurel Kara. Tingkat SMP/MTs Juara I diraih Aurin Maheswari, Juara II didapat oleh Malika Arin dan Juara III diperoleh Yesa Ayu. Sementara itu, untuk tingkat SMA/MA Juara I diraih Yasin, Juara II didapat sabet Gilang Indra, dan Juara III diboyong Donia. (dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD